Resep Bolu Enak Simple

Bahan-bahan:



- 5 butir telur


- 200 gram gula pasir


- 200 gram tepung terigu protein sedang


- 1 sdt baking powder


- 1 sdt pasta vanilla


- 100 ml air


- 150 gram mentega tawar, lelehkan



Cara Membuat:



1. Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.


2. Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna pucat.


3. Masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak bersamaan dengan pasta vanilla sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.


4. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.


5. Masukkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.


6. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti.


7. Panggang adonan dalam oven selama 30-40 menit atau hingga matang dan kecoklatan.


8. Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin sebelum dihidangkan.



Nutrisi:



- Kalori: 210 kalori


- Lemak: 10 gram


- Karbohidrat: 26 gram


- Protein: 4 gram


- Serat: 0 gram


Bolu merupakan salah satu kue yang sangat populer di Indonesia. Kue ini biasanya disajikan saat acara-acara spesial seperti ulang tahun, pernikahan, atau acara keluarga lainnya. Ada banyak variasi bolu yang bisa dicoba, salah satunya adalah bolu enak simple yang mudah dibuat dan rasanya lezat.
Untuk membuat bolu enak simple ini, pertama-tama siapkan semua bahan yang diperlukan. Pastikan semua bahan sudah diukur dengan benar agar proporsi adonan bolu menjadi tepat. Selanjutnya, panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius.
Kocok telur dan gula pasir dengan kecepatan tinggi hingga mengembang dan berwarna pucat. Hal ini penting dilakukan agar tekstur bolu menjadi lembut dan empuk. Setelah itu, masukkan tepung terigu dan baking powder yang sudah diayak bersamaan dengan pasta vanilla sambil terus dikocok dengan kecepatan rendah.
Tambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan agar tidak overmix dan membuat bolu menjadi keras. Masukkan mentega cair ke dalam adonan dan aduk kembali hingga rata.
Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles mentega dan dialasi kertas roti. Jangan mengisi loyang terlalu penuh agar bolu tidak meluber saat dipanggang. Panggang adonan dalam oven selama 30-40 menit atau hingga matang dan kecoklatan.
Setelah matang, keluarkan bolu dari oven dan biarkan dingin sebelum dihidangkan. Bolu enak simple siap disajikan dan dinikmati bersama keluarga atau teman. Selamat mencoba!

close